Musyawarah Desa LPJ Bumdes

Musyawarah Desa LPJ Bumdes

Rapat Musyawarah Desa (Musdes) Laporan Rugi Laba/ LPJ Bumdes Tahun 2019.

Bumdes Tanjung Cipta Sejahtera fokus bergerak di bidang sosial yakni masalah sampah (Pengumpulan Sampah Rumah Tangga). Begitu banyak sampah yang perlu ditangani dengan baik agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan dan lingkungan.

Rapat LPJ Bumdes perdana diadakan kemarin 10/03 di Balai Desa Petanjungan. Rapat dihadiri oleh Pengurus Bumdes Tanjung Cipta Sejahtera, tim monitoring dari Kecamatan yakni Kasi Tapem,  PMD, Pendamping Desa, Pemerintah Desa Petanjungan, BPD , Ketua RT dan RW. Rapat dibuka dengan sambutan kepala desa Petanjungan, Abdur Rohman, kemudian Ketua BPD, Prapto Muntoko, dan Perwakilan Tim Monitoring, Agus Suprayogi.

Direktur Bumdes, Slamet Kusyanto memaparkan laporan pertanggungjawaban kondisi keuangan Bumdes selama tahun 2019. Dikatakan bahwa kodisinya sedang-sedang dalam berjalan. Banyak masukan untuk Bumdes kedepannya supaya lebih baik, salah satunya adalah penggunaan teknologi pengolahan sampah.

“Salah satu pengolahan sampah organik yakni menggunakan ulat magot. Kemudian untuk pengolahan sampah anorganik menggunakan mesin pengolah sampah yang dapat mengolah sampah menjadi Bahan Bakar Miyak (BBM),” ujar Slamet Kusyanto

Menurutnya dengan adanya teknologi tersebut diharapkan sampah tidak hanya diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup dan dibuang ke TPS. Pengolahan sampah yang maksimal nantinya menjadi pundi-pundi rupiah untuk pemasukan biaya operasional Bumdes.

Admin Desa

Tinggalkan Balasan